Mahasiswa Stikes Nurul Hasanah Kutacane Dan Tim Kesehatan Gelar Layanan Kesehatan Online “ www.excellentcare.id”

Dok.Humas STIKes: Kegiatan Homecare yang dilaksanakan oleh Mahasiswa PHP2D, Kader dan Tenaga Kesehatan di desa Darul Amin Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara.

Rabu (04/11/2020);  Mahasiswa STIKes Nurul Hasanah Kutacane yang bergabung dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2020 menggelar kegiatan pemberdayaan kader kesehatan terhadap masyarakat Desa Darul Amin Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara. Salah satu pencapaian tujuan dari kegiatan tersebut adalah adanya layanan kesehatan online yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di masa pandemi covid-19 ini, yaitu melalui inovasi teknologi excellent care dalam laman website “www.excellentcare.id”.

Excellent Care ini adalah satu terobosan pelayanan kesehatan dengan menggunakan teknologi/digital. Diantara fasilitas pelayanan yang disediakan adalah: 1). Artikel, berisi informasi atau masalah serta solusi kesehatan yang sering dialami masyarakat; 2). Konsultasi Kesehatan terkait penyakit degeneratif, nutrisi pada  lansia dan covid-19; 3). Home Care yaitu  tindakan yang berkaitan dengan keluhan atau masalah kesehatan pada penyakit degeneratif dan nutrisi pada lansia; dan  4) Produk Ramuan Herbal yang diproduksi masyarakat dari bahan-bahan alami, demikian yang diungkapkan Agus Syahri, sebagai Ketua Tim Mahasiswa PHP2D.

“Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) merupakan program yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan tujuan menumbuhkan kepedulian mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera. Saat ini, kami mahasiswa STIKes Nurul Hasanah Kutacane melaunching website www.excellentcare.id dengan program Excellent Care yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat melalui fitur dan fasilitas yang ditawarkan dalam website tersebut,” jelas Agus Syahri

Agus juga menjelaskan bahwa kader kesehatan sangat berperan dalam  mensosialisasikan penggunaan layanan kesehatan online ini kepada masyarakat di Desa Darul Amin Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara. Hal ini dapat dilihat dari adanya antusias masyarakat memanfaatkan konsultasi online dan memilih layanan homecare melalui www.excellentcare.id.

Berdasarkan data rekapitulasi pemesanan layanan homecare, tim  mahasiswa PHP2D 2020 STIKes Nurul Hasanah Kutacane berkoordinasi dengan dosen pembimbingnya yaitu Yusnaini, S.Kep., Ners., M.Kep untuk persiapan pelaksanaan layanan homecare bersama tenaga kesehatan yang telah bergabung dalam Excellent Care.

“Setiap tenaga kesehatan dalam memberikan layanan homecare kepada masyarakat akan didampingi oleh kader kesehatan dan mahasiswa. Sehingga masyarakat merasa nyaman dengan tindakan yang diterimanya,” tegas Yusnaini, S.Kep., Ners., M.Kep, selaku Dosen Pembimbing

Adapun tim tenaga kesehatan yang terlibat dalam kegiatan tersebut antara lain Dina Andriani, S.Kep. Ners. M.Kep, Yessy Syahradesi, SST, M.Kes, Nurhasanah Sym, S.Kep.M.K.M, Nurjannah, SST, M.K.M, Purnama Sari, SST, M.K.M, Fika Lestari, S.Tr. Keb. M.K.M, Ultra Madani, S.Kep Ners, Inneke Mutiara Amelia, SST dan Sri Wahyuni Sambo, SST. Semua tim kesehatan tersebut bertugas memberikan layanan konsultasi dan homecare online kepada masyarakat di Desa Darul Amin Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara.

“Kerjasama antara Tim Mahasiswa, Kader dan Tenaga Kesehatan sangat mendukung pengabdian masyarakat oleh mahasiswa melalui kegiatan PHP2D. Hal ini menunjukkan peran aktif mahasiswa dalam berkontribusi bagi masyarakat untuk mewujudkan masyarakat sehat, sejahtera dan bebas covid-19 di Desa Darul Amin Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara,” ungkap Devi Annisa Marpaung selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIKes Nurul Hasanah Kutacane yang juga mengapresiasi kegiatan PHP2D yang dilaksanakan mahasiswa ini.

“Kita berharap agar Program ini terus ditingkatkan kualitasnya agar dapat lebih memberikan motivasi dan menumbuhkan kepedulian mahasiswa dalam memberikan kontribusi pada pembangunan desa. Juga seluruh unsur pimpinan STIKes Nurul Hasanah Kutacane mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Tim PHP2D, mahasiswa, dosen pendamping, stakeholders dan semua pihak yang mendukung kegiatan ini. Semoga pengabdian kita di bidang kemahasiswaan ini khususnya pembinaan, pemberdayaan, dan pengabdian kepada masyarakat ini mendapat ridho dari Allah SWT, Aamiin,” pungkasnya.

Dok.Humas STIKes: Seluruh Tim Mahasiswa, Kader dan Tenaga Kesehatan berfoto bersama Dosen Pembimbing